Laman

Monday, January 14, 2013

Elektrolisis Air Berbasis Mikrokontroller


oManfaat dan kegunaan dari air adalah sangat penting bagi semua mahluk hidup. Air sendiri menutupi hampir 71% dari permukaan bumi. Air juga adalah zat pelarut yang paling baik. Oleh karena itu air mudah sekali mengandung zat-zat kimia lain. Namun masih banyaknya manusia yang tidak memperdulikan kebersihan air saat ini.
 
oPembuatan alat ini diharapkan dapat membantu proses pengujian air dengan sistem otomatisasi. Dan nantinya diharapkan dapat membantu khalayak umum untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada air yang digunakan sehari-hari tanpa melalui proses yang sulit. Serta bagi mahasiswa, diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pengaplikasian mikrokontroller AT89C51 serta perangkat-perangkat lainya dalam pengaplikasian atau modifiasi di bidang otomasi.
 
Dalam dunia kesehatan hal-hal mengenai polutan dan bahan kimia berbahaya adalah sesuatu yang sangat dihindari untuk dikonsumsi oleh manusia. Salah satu cara untuk melihat bahan kimia apa yang terkandung dalam air adalah dengan cara mengelektrolisis air tersebut.
 
oMenggunakan mikrokontroler 
AT89C51 sebagai pengendali.
oMenggunakan air minum putih
 kemasan dan air tanah 
sebagai bahan uji.
oSoftware (pemograman) tidak
 dibahas.
oProses kali
brasi, setelah percobaan dan
 ingin melakukan percobaan
 kembali. Gelas kaca harus 
dibersihkan kembali dan 
batang elektrolisis harus 
dibersihkan dengan amplas
 

No comments:

Post a Comment